ANSI (Sejarah Organisasi Standard Amerika)

ANSI (Sejarah Organisasi Standard Amerika)

ANSI (Sejarah Organisasi Standard Amerika)

ANSI (Sejarah Organisasi Standard Amerika)

American National Standards Institute (ANSI) adalah sebuah lembaga nirlaba swasta yang mengawasi pengembangan standar konsensus sukarela untuk produk, jasa, proses, sistem, dan personel di Amerika Serikat. Lembaga tersebut mengawasi pembuatan, diberlakukannya, dan penggunaan ribuan norma dan pedoman yang secara langsung berdampak bisnis di hampir setiap sektor. Lembaga tersebut juga mengkoordinasikan standar Amerika Serikat dengan standar internasional sehingga produk-produk Amerika Serikat dapat digunakan di seluruh dunia.

ANSI memberi akreditasi untuk standar yang dikembangkan oleh perwakilan dari lembaga pengembang standar, instansi pemerintah, kelompok konsumen, perusahaan, dan lain-lain. Standar tersebut memastikan agar karakteristik dan kinerja produk yang konsisten sehingga masyarakat menggunakan definisi dan istilah yang sama, dan produk diuji dengan cara yang sama. ANSI juga memberi akreditasi bagi organisasi yang melaksanakan sertifikasi produk atau personel sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan dalam standar internasional.

American National Standards Institute didirikan pada tanggal 19 Oktober 1918 dengan misi untuk meningkatkan daya saing global bagi bisnis dan kualitas hidup Amerika Serikat dengan mempromosikan serta memfasilitasi standar konsensus sukarela dan sistem penilaian kesesuaian.


Sejarah ANSI

Pada tahun 1916, terdapat lima perhimpunan keinsinyuran yang mengundang pemerintah Amerika Serikat untuk mendirikan sebuah badan standarisasi nasional. Kelima perhimpunan tersebut adalah:

  1. American Institute of Electrical Engineers
  2. American Society of Mechanical Engineers
  3. American Society of Civil Engineers
  4. American Institute of Mining and Metallurgical Engineers
  5. American Society for Testing and Materials

Pada tahun 1918, ANSI awalnya didirikan sebagai American Engineering Standards Committee (AESC). AESC kemudian ditata ulang menjadi American Standards Association (ASA) pada tahun 1928. ASA ditata ulang kembali pada tahun 1966 menjadi United States of America Standards Institute (USASI). Akhirnya diubah menjadi bentuknya yang sekarang yaitu American National Standards Institute pada tahun 1969.

Posting Komentar

0 Komentar