Antrakosis (PAK Debu Batu Bara)

Antrakosis (PAK Debu Batu Bara)

Antrakosis (PAK Debu Batu Bara)

Antrakosis (PAK Debu Batu Bara)

www.katigapedia.my.id Penyakit Antrakosis adalah penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh debu batubara. Penakit ini biasanya dijumpai pada pekerja-pekerja tambang batubara atau pada pekerja-pekerja yang banyak melibatkan penggunaan batubara

Masa inkubasi penyakit ini antara 2 – 4 tahun sejak terpapar debu batubara. Gejala awalnya sesak nafas. Penyakit antrakosis ada tiga macam:

  1. Penyakit antrakosis murni. Seperti namanya penyakit ini murni disebabkan batubara
  2. Penyakit silikoantrakosis. Penyakit antrakosis kadang disertai dengan penyakit silikosis,karena debu batubara terkadang terdapat debu silikat. 
  3. Penyakit tuberkolosilikoantrakosis. Penyakit ini dibedakan dari hasil foto thorax dan pemeriksaan sputum dahak dan darah, dimana terdapat bakteri tuberkulosis pada pemeriksaan sputum dahak.


Pencegahan Antrakosis

Pencegahannya Anda harus tetap memakai masker (berlapis) dan bila Anda merokok juga sebaiknya Anda menghentikan kegiatan merokok Anda. Karena merokok akan memperparah keadaan paru-paru Anda. Untuk mengurangi kontaminasinya saran kami Anda melakukan pemeriksaan radiologi pada paru-paru terlebih dahulu untuk menegakkan diagnosis dan berkonsultasi langsung ke dokter spesialis penyakit paru-paru untuk mendapatkan terapi optimal. Katigapedia

Posting Komentar

0 Komentar