Pengertian Risiko K3 (Penilaian dan Jenis Contoh)

Pengertian Risiko K3 (Penilaian dan Jenis Contoh)

Pengertian Risiko K3 (Penilaian dan Jenis Contoh)

Pengertian (definisi) resiko K3 (risk) ialah potensi kerugian yang bisa diakibatkan apabila berkontak dengan suatu bahaya ataupun terhadap kegagalan suatu fungsi. Penilaian Resiko merupakan hasil kali antara nilai frekuensi dengan nilai keparahan suatu resiko. 

Analisa Risiko/Risk Analysis

Kegiatan yang menguraikan suatu risiko dengan cara menentukan besarnya kemungkinan/probability dan tingkat keparahan dari akibat/consequences suatu risiko bahaya

Penilaian Risiko/Risk Assessment

Menilai suatu risiko dengan cara membandingkannya terhadap tingkat standar risiko yang telah dapat  ditoleransi/ditetapkan


Risiko K3 adalah perpaduan antara peluang dan frekuensi terjadinya peristiwa K3 dg akibat yg ditimbulkannya dalam kegiatan konstruksi.

  • Mempunyai 2 dimensi/parameter yaitu peluang/probability dan akibat/konsekuensi
  • RISIKO = Probability/Peluang x Konsekuensi /Akibat


Kategori Tingkat Risiko K3

  1. Risiko Tinggi, mencakup pekerjaan konstruksi yg pelaksanaannya berisiko sangat membahayakan keselamatan umum, harta benda, jiwa manusia, dan lingkungan serta terganggunya kegiatan konstruksi.
  2. Risiko Sedang, Mencakup pekerjaan konstruksi yg pelaksanaannya dpt berisiko membahayakan keselamatan umum, harta benda dan jiwa manusia serta terganggunya kegiatan konstruksi.
  3. Risiko Kecil, mencakup pekerjaan konstruksi yg pelaksanaannya tidak membahayakan keselamatan umum dan harta benda serta terganggunya kegiatan konstruksi.

Posting Komentar

0 Komentar