Tujuan dan Metode Langkah Membuat TNA

Tujuan dan Metode Langkah Membuat TNA

Tujuan dan Metode Langkah Membuat TNA

Menurut penelitian berjudul The Science of Training and Development in Organizations: What matters in practice,  menunjukkan dengan jelas bahwa cara training dirancang dan disampaikan dapat sangat mempengaruhi keefektifannya.

Apa yang terjadi dalam training bukanlah satu-satunya hal yang penting, namun penting untuk fokus pada apa yang terjadi sebelum dan sesudah training. Training Needs Analysis merupakan langkah awal yang penting dalam rancangan instruksional. Ini membantu Anda mengidentifikasi kebutuhan training dan jenis training apa yang dibutuhkan. Training Needs Analysis juga membantu Anda mendapatkan cara yang paling efektif untuk memenuhi persyaratan training.


Pengertian TNA (Training Need Analysis)

Training need analysis atau dalam bahasa Indonesia berarti analisis kebutuhan pelatihan adalah proses analisis kebutuhan program pelatihan atau pengembangan potensi SDM di sebuah organisasi. Tujuan dari adanya TNA yaitu peningkatan kinerja karyawan dan organisasi.

TNA harus disiapkan sebelum program berjalan, karena merupakan pondasi pelatihan dan pengembangan perusahaan. Jika tidak, maka akan meningkatkan risiko materi yang salah dan efektivitas program yang rendah. Hal tersebut tentu akan menyebabkan perusahaan merugi.


Fungsi dan Tujuan Training Need Assessment :

  • Mengumpulkan informasi tentang skill, knowledge dan feeling pekerja.
  • Mengumpulkan informasi tentang job content dan job context.
  • Mendefinisikan kinerja standar dan kinerja aktual dalam rincian yang operasional.
  • Melibatkan stakeholders dan membentuk dukungan.
  • Memberi data untuk keperluan perencanaan.


Langkah-Langkah Membuat Training Need Analysis (Metode TNA)

Goal Analysis atau Organizational Analysis

Dalam membuat program pengembangan perusahaan, hal pertama yang harus ditentukan adalah tujuannya. Tujuan tersebut harus menekankan pada target perusahaan serta mempertimbangkan permasalahan apa yang sedang terjadi sehingga ingin diperbaiki.

Dengan demikian, semakin jelas apa yang diharapkan dari sebuah program pelatihan atau pengembangan. Tahap pertama ini berkaitan dengan analisis organisasi untuk melihat dinamika bisnis.

Sebisa mungkin, buat tujuan secara kuantitatif. Misalnya yaitu menurunkan tingkat turnover karyawan hingga 15% atau semacamnya.

Problem Analysis

Tidak semua masalah di dalam perusahaan berakar dari sumber daya manusianya. Bisa saja dari kualitas produk atau kurangnya peralatan yang memadai. Kedua contoh tersebut tidak bisa diselesaikan dengan pelatihan.

Di sini, tugas TNA adalah membuat laporan yang sesuai dengan keadaan beserta rekomendasi solusi.

Job Role Analysis

Tahap ketiga dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menganalisis data mengenai KSA (knowledge, skill, dan attitude) calon peserta pelatihan atau divisinya. Misalnya, tim media memiliki kemampuan digital competencies dan tim sales memiliki kemampuan persuasive communication.

Learner Analysis

Di tahap keempat ini, Anda harus mengumpulkan data dan karakter peserta, lalu menganalisisnya. Data tersebut meliputi data diri, pendidikan, latar belakang, pelatihan yang pernah diikuti, posisi kerja, dan lain-lain.

Semua ini dibutuhkan untuk menentukan metode, proses, engagement, gaya bahasa, dan trainer saat training. Pastikan juga Anda memberitahu karyawan mengenai tujuan diadakannya pelatihan. Hal tersebut supaya karyawan mengerti proses pelatihan dan benefit yang akan mereka terima.

Keterlibatan karyawan ini membuat mereka akan menghargai pelatihan yang diselenggarakan. Selain itu, proses TNA juga akan tepat sasaran.

Implementation Analysis

Jika keempat analisis di atas sudah dilakukan, perusahaan semakin mengerti wawasan baru apa yang dibutuhkan karyawan. Dengan begitu, metode terbaik pada proses implementasi pun bisa dilakukan lebih mudah.

Analisis implementasi atau pelaksanaan program terdiri dari penentuan lokasi, materi, dan trainer. Estimasi ROI atau biaya juga bisa dimasukkan di tahap ini. Nantinya, estimasi tersebut bisa disertakan dalam laporan.

Posting Komentar

0 Komentar