FR (Frequency Rate)

FR (Frequency Rate)

FR (Frequency Rate)

FR (Frequency Rate) adalah banyaknya jumlah kecelakaan hari hilangdalam satu juta jam kerja selama periode tertentu (Bulanan, 3 Bulanan, 6Bulanan atau Tahunan). FR digunakan untuk identifikasi jumlah cidera yang menyebabkan tidak bisa bekerja per 1 juta orang pekerja. Dalam menghitung FR ini ada 2 data penting yang sobat sehat kerjaku haru ada nanti yaitu Jumlah jam kerja hilang akibat kecelakaan (Lost time Injury/LTI) & Jumlah jam kerja orang yang telah dilakukan (manhours).


Rumus FR = (Jumlah cidera dgn hilang waktu kerja x 1,000,000) / Total Person-hours Worked

Contoh : Sebuah perusahaan memiliki total pekerja sebanyak 15000. jumlah jam kerja yang telah dicapai 3000000 juta jam kerja orang. Pada saat yang sama cidera yang menyebabkan hilangnya waktu kerja sebanyak 73. Berapa frekuensi ratenya ?

Jawab : FR= 73x1000000/3000000= 24.33

Intepretasinya adalah bahwa pada periode orang kerja tersebut terjadi hilangnya waktu kerja sebesar 24.33 jam per-sejuta orang kerja. Namun Angka ini tidak mengindikasikan tingkat keparahan kecelakaan kerja. Angka ini hanya mengindikasikan si pekerja tidak berada di tempat kerja setelah terjadinya kecelakaan kerja.

Posting Komentar

0 Komentar