Alat Keselamatan Kerja Dapat Berupa Apa Saja

 Alat Keselamatan Kerja Dapat Berupa Apa Saja

Alat Keselamatan Kerja Dapat Berupa Apa Saja?

www.katigapedia.my.id Tempat kerja yang memiliki potensi bahaya dan resiko kecelakaan perlu dilakukan penilaian terhadapnya, setelah melakukan penilaian terhadap potensi bahaya dan resiko kecelakaan maka akan didapat gambaran secara umum dan khusus terkait alat keselamatan kerja apa saja yang dibutuhkan. Berikut ini adalah beberapa alat keselamatan kerja yang dapat disediakan di tempat kerja :

APD (Alat Pelindung Diri)

Bagi pekerja yang bekerja dengan terpapar bahaya tertentu harus dipastikan menggunakan APD yang sesuai misalnya pekerjaan mengelas perlu menggunakan APD berupa Face Shield Las, Masker Filter Kimia, Kacamata Las, Wearpack, Safety Shoes dan Sarung Tangan. Contoh lain untuk pekerja yang bekerja di ketinggian (atas gedung) perlu menggunakan APD berupa Full Body Harness, Safety Shoes dan Safety Helmet. Dengan menyediakan alat keselamatan berupa APD (Alat Pelindung Diri) maka resiko kecelakaan akan berkurang.

Sensor Alarm

Sensor Alarm disini berarti ada dua cara kerja yang dilakukan, pertama sensor yang harus dipasang untuk mendeteksi gerakan, cahaya, suhu, kebisingan ataupun lainnya. Kedua adalah alarm yaitu ketika sensor ini melakukan deteksi sesuai dengan settingan / ketetapan maka sensor akan memberikan sinyal untuk alarm berbunyi sehingga sensor alarm akan berbunyi sebagai peringatan. Contoh misalnya overhead crane berada di workshop yang mempunyai kebisingan cukup tinggi sehingga bila bekerja dengan overhead crane saat digerakan maka tidak akan terlihat oleh pekerja lain oleh karena itu sensor alarm gerakan overhead crane dipasang untuk memberikan sinyal bunyi bahwa ada overhead crane yang sedang bergerak dan memperingati pekerja lain untuk waspada atau menghindar dari jalur crane tersebut.

Demikian dua alat keselamatan kerja yang dapat kita sediakan berupa APD dan Sensor Alarm.

Posting Komentar

0 Komentar