Materi Safety Talk : Keselamatan Pengelasan di Workshop

0

Materi Safety Talk : Keselamatan Pengelasan di Workshop

Katigapedia. Pengelasan adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan di workshop. Namun, pengelasan juga merupakan kegiatan yang memiliki risiko keselamatan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga keselamatan saat melakukan pengelasan di workshop. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga keselamatan pengelasan di workshop.

Gunakan Peralatan Pelindung Diri (APD)

Peralatan Pelindung Diri (APD) sangat penting untuk digunakan saat melakukan pengelasan di workshop. Beberapa APD yang harus digunakan meliputi helm pelindung, kacamata keselamatan, sarung tangan, baju besi, sepatu safety, dan masker pernapasan. APD ini akan melindungi Anda dari percikan api, radiasi sinar UV, dan asap yang dihasilkan oleh pengelasan.

Pastikan Lingkungan Kerja Aman

Lingkungan kerja yang aman juga sangat penting untuk menjaga keselamatan saat melakukan pengelasan di workshop. Pastikan lingkungan kerja terbebas dari bahan-bahan yang mudah terbakar, seperti kain, kertas, dan bahan kimia. Pastikan pula sirkulasi udara di workshop baik, sehingga asap yang dihasilkan oleh pengelasan dapat tersebar dengan baik.

Pastikan Kabel Listrik dan Gas Bersih dan Tidak Rusak

Pastikan kabel listrik dan gas yang digunakan dalam pengelasan bersih dan tidak rusak. Kabel listrik yang rusak dapat menyebabkan kecelakaan listrik, sedangkan gas yang bocor dapat menyebabkan ledakan. Pastikan pula gas yang digunakan dalam pengelasan sesuai dengan kebutuhan dan dioperasikan dengan benar.

Pelajari Teknik Pengelasan dengan Baik

Pelajari teknik pengelasan dengan baik sebelum melakukan pengelasan di workshop. Pastikan Anda memahami jenis pengelasan yang akan dilakukan, pengaturan aliran gas, dan kekuatan listrik yang dibutuhkan untuk pengelasan. Pelajari juga cara menangani kecelakaan kecil yang mungkin terjadi selama proses pengelasan.

Jangan Terlalu Lama Mengelas

Jangan mengelas terlalu lama atau terlalu sering dalam satu waktu. Hal ini dapat meningkatkan risiko kelelahan, yang dapat mengurangi konsentrasi dan mempengaruhi keamanan pengelasan. Istirahatlah sesekali, minum air, dan jangan terlalu fokus pada pengelasan sehingga mengabaikan keselamatan.

Jangan Tinggalkan Mesin Pengelasan Tanpa Pengawasan

Jangan meninggalkan mesin pengelasan tanpa pengawasan. Pastikan mesin pengelasan mati ketika tidak digunakan. Hindari juga meninggalkan mesin pengelasan dalam keadaan panas dan terbuka, karena dapat menyebabkan ledakan atau kebakaran.

Kesimpulan Keselamatan Pengelesan di Workshop

Pengelasan adalah kegiatan yang sering dilakukan di workshop, namun juga memiliki risiko keselamatan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga keselamatan saat melakukan pengelasan di workshop

Posting Komentar

0Komentar

Terima kasih sudah memberikan komentar, saran maupun masukan. Salam K3L :)

Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Accept !