Drill (Metode Simulasi K3)

Drill (Metode Simulasi K3)

Drill (Metode Simulasi K3)

Katigapedia. Metode Drill merupakan salah satu metode pembelajaran yang menekankan pada kegiatan latihan yang dilakukan berulang-ulang secara terus menerus untuk menguasai kemampuan atau keterampilan tertentu.


Keunggulan Metode Drill

Metode drill banyak digunakan pada pembelajaran keterampilan, karena berbagai pertimbangan keunggulan yang dimiliki metode tersebut. Berdasarkan pendapat Syaiful Sagala (2006: 217), keunggulan metode drill terletak kecepatan penguasaan materi sebagai dampak latihan yang diulang-ulang. Senada dengan pendapat di atas keunggulan lain metode drill diuraikan oleh pendapat dari Muchlisin Riadi (2013), yang menguraikan keunggulan metode drill antara lain sebagai berikut:

  1. Dalam waktu yang relatif singkat, dapat diperoleh penguasaan dan ketrampilan yang diharapka Hal ini terjadi karena intensitas latihan yang cukup  dan  pengulangan-pengulangan  yang  terjadi  sehingga seseorang   dapat   menguasai   keterampilan   atau   kemampuan   yang diajarkan.
  2. Akan tertanam pada setiap pribadi seseorang kebiasaan belajar secara rutin dan disiplin. Hal tersebut berkat kebiasaan yang dilakukan seseorang dalam proses pembelajaran keterampilan.

Dalam hal ini, metode drill banyak digunakan dalam dunia K3 untuk sebagai upaya meningkatkan pemahanan dan keterampilan kondisi gawat darurat (Emergency Drill).

Posting Komentar

0 Komentar