Rapat Tinjauan Manajemen (ISO 9001)

Rapat Tinjauan Manajemen (ISO 9001)

Rapat Tinjauan Manajemen (ISO 9001)

Rapat Tinjauan Manajemen (ISO 9001)

Tinjauan manajemen harus direncanakan dan dilaksanakan dengan mempertimbangkan:

a) status tindakan tinjauan manajemen yang lalu;

b) perubahan isu eksternal dan internal yang relevan dengan sistem manajemen mutu;

c) informasi yang berkaitan dengan kinerja dan keefektifian sistem manajemen mutu, termasuk tren tentang:

  1. kepuasan pelanggan dan umpan balik dari pihak berkepentingan yang relevan;
  2. sejauh mana sasaran mutu telah dipenuhi;
  3. kinerja proses dan kesesuaian produk dan jasa;
  4. ketidaksesuaian dan tindakan korektif;
  5. hasil pemantauan dan pengukuran;
  6. hasil audit;
  7. kinerja penyedia eksternal

d) kecukupan sumber daya;

e) keefektifan tindakan yang diambil untuk penanganan risiko dan peluang (lihat 6.1)

f) peluang untuk perbaikan.


Penjelasan Isi Rapat Tinjauan Manajemen

Maksud dan tujuan persyaratan di atas adalah untuk memastikan masukan-masukan (input)  penting yang perlu ditentukan dalam kajian terhadap kinerja dan keefektifikan sistem manajemen mutu.

Masukan dalam tinjauan manajemen berkaitan erat dengan persyaratan ISO 9001:2015.

a) status tindakan tinjauan manajemen yang lalu;

b) perubahan isu eksternal dan internal yang relevan dengan sistem manajemen mutu (lihat ISO 9001:2015, 4.1) 

c) informasi yang berkaitan dengan kinerja dan keefektifian sistem manajemen mutu, termasuk tren tentang:

  1. kepuasan pelanggan (lihat ISO 9001:2015, 9.1.2) dan umpan balik dari pihak berkepentingan yang relevan (lihat ISO 9001:2015, 4.2)
  2. sejauh mana sasaran mutu telah dipenuhi (lihat ISO 9001:2015, 6.2)
  3. kinerja proses dan kesesuaian produk dan jasa (lihat ISO 9001:2015, 4.4 dan 8.6)
  4. ketidaksesuaian dan tindakan korektif (lihat ISO 9001:2015, 10.2)
  5. hasil pemantauan dan pengukuran;(lihat ISO 9001:2015, 9.1.1)
  6. hasil audit termasuk bila memungkinkan, hasil audit intenral  (lihat ISO 9001:2015, 9.2), pelanggan, lembaga pemerintah, lembaga sertifikasi
  7. kinerja penyedia eksternal (lihat ISO 9001:2015, 8.4)

d) kecukupan sumber daya;(lihat ISO 9001:2015, 7.1)

e) keefektifan tindakan yang diambil untuk penanganan risiko dan peluang (lihat ISO 9001:2015, 6.1)

f) peluang untuk perbaikan (lihat ISO 9001:2015, 9.1.3)

Posting Komentar

0 Komentar