Perbedaan Zero Near Miss, Zero Incident dan Zero Accident

Perbedaan Zero Near Miss, Zero Incident dan Zero Accident

Perbedaan Zero Near Miss, Zero Incident dan Zero Accident

Program K3 yang biasa dilakukan oleh perusahaan ialah bertujuan pada Zero Accident (Kecelakaan Nihil) yang berarti tidak adanya catatan kecelakaan kerja selama 1 tahun penuh atau project berlangsung, sehingga program yang paling dikenal adalah Program Zero Accident. Namun ternyata ada 2 program lagi yaitu Zero Incident dan Zero Near Miss yang lebih ketat, sebelum mengetahui perbedaan berikut ini adalah pengertian dari Accident, Incident dan Near Miss.

Incident (Insiden) adalah kejadian dari sesuatu yang terjadi, kejadian terduga atau kejadian tak terduga yang tidak mengakibatkan cedera atau penyakit serius tetapi dapat mengakibatkan kerusakan properti.
Accident (Kecelakaan) adalah kejadian tak terduga yang mengakibatkan cedera serius atau sakit pada karyawan dan juga dapat mengakibatkan kerusakan properti.
Near Miss (Hampir Celaka) adalah kecelakaan yang nyaris / hampir tidak bisa dihindari. sebagai institusi menyebut nearmiss dengan close-call atau near-collision.

Jadi Program Zero Near Miss, Zero Incident dan Zero Accident merupakan urutan program yang dari terendah dan tertinggi yaitu :
  1. Program Zero Near Miss, merupakan urutan tertinggi karena perusahaan benar-benar fokus mencegah kecelakaan kerja dari hampir celaka. Sehingga tidak ada lagi kejadian (incident) yang timbul yang dapat menyebabkan Near Miss.
  2. Program Zero Incident, merupakan urutan tengah karena perusahaan masih mentolerir Near Miss (hampir celaka) namun tidak untuk kecelakan kerja.
  3. Program Zero Accident, merupakan urutan terendah karena perusahaan fokus pada pencegahan kecelakaan kerja namun setiap incident maupun near miss masih diperbolehkan.

Posting Komentar

0 Komentar